Cara Menanam Zodia (Evodia suaveolens)

Cara Menanam Zodia (Evodia suaveolens)

Tanaman zodia (evodia suaveolens) merupakan tanaman hias sekaligus bisa menjadi penghusir nyamuk. Mudah dalam pembudidayaan.
Tanaman Pengusir Nyamuk Zodia bisa ditanam dari biji atau stek batang. Dari biji, cukup disemai. Sekitar 2 minggu sudah bisa tumbuh. Sementara untuk stek, potong sepanjang sejengkal lantas disemai. Kira-kira sebulan, bibit baru sudah tumbuh.
Bila pengin menanam di pot, medianya campuran tanah dan pupuk kandang dengan perbandingan 1:1. Bisa juga ditambah dengan sekam bakar.
Pada dasarnya, zodia tak butuh perawatan rumit. Jika media kering,disiram.Yang penting,terkena sinar matahari.
Bisa saja diletakkan di dalam ruangan. Namun tiap 4 hari dikeluarkan untuk dijemur. Cukup sehari dijemur, lantas dimasukkan lagi ke dalam rumah.
KONSUMEN
Sebagian besar konsumen ini adalah pecinta tanaman dan masyarakat yang tinggal di kawasan banyak nyamuk.
BAGAIMANA MEMULAI
Pertama kali harus mencari produsen tanaman ini. Biasanya terdapat di Malang, Jawa Timur. Penjualan biasanya dihitung per senti ukuran daunnya. Setelah itu, kita bisa merawatnya sendiri dan membudidayakannya karena setelah besar, tanaman ini akan mengeluarkan biji dengan sendirinya.
HAMBATAN
Diperlukan pemasaran yang baik untuk menjualnya.
KUNCI SUKSES
Menggunakan internet sebagai media promosi karena target adalah menengah keatas. Perawatan yang baik juga sangat penting agar tidak mudah mati.
TIPs MERAWAT TANAMAN ZODIA
1. Bila umur belum mencapai 6 bulan, cukup menyiramnya sehari sekali saja, tetapi jika sudah lewat 6 bulan, disiram 2 kali sehari.
2. Meletakkan tanaman ditempat yang cukup cahaya matahari.
3. Apabila sudah membasar, sebaiknya mengganti pot yang sesuai agar bijinya tidak jatuh kemana-mana.
4. Menggunakan pupuk kandang akan membuat tanaman lebih mudah berkembang

No comments:

Post a Comment