Cara Menanam Bunga Anyelir

Cara Menanam Bunga Anyelir


Tanaman ini dapat dikembangbiakkan dengan biji. Anyelir lebih banyak digunakan sebagai tanaman taman/ tanaman bedengan dibandingkan sebagai tanaman ruangan. Tanaman ini tidak bisa bertahan lama, namun mereka cepat sekali berkembang. Dianthus memiliki bunga beraneka warna, yang  merupakan daya tarik untuk ditanam.
Tipe:
  • Dianthus chinensis, salah satu hibrida yang dikenal juga dengan nama Annual Pink
  • D. caryphyllus, hibrida ini memiliki bunga ganda yang berukuran lebih besar dibanding jenis sebelumnya.
Tips:
  • Membutuhkan kondisi dingin, suhu 50-60 F
  • Sebaiknya tidak terkena sinar matahari langsung pada tengah hari
  • Jaga kondisi media tetap lembab
  • Setelah berbunga sebaiknya tanaman dicabut untuk diganti dengan tanaman yang baru
  • Perbanyakan dengan biji

Manfaat Bunga Anyelir
Manfaat bunga anyelir sudah tidak diragukan lagi. Ia memiliki kandungan Saponin yang sangat berkhasiat untuk mengobati berbagai macam penyakit, terutama yang berhubungan dengan masalah pencernaan dan buang air, seperti diare atau sembelit, infeksi saluran kemih, maupun kencing batu. Selain itu, bunga ini juga bisa untuk mengobati radang kulit dan pembengkakan. Sangat bermanfaat sekali, bukan? Jadi, anda tidak akan rugi untuk budidaya bunga anyelir, karena selain bisa memperindah halaman rumah anda, bunga anyelir bisa dimanfaatkan sebagai obat herbal untuk mengobati berbagai penyakit.

Cara Budidaya Bunga Anyelir
Untuk memulai budidaya bunga anyelir, ada beberapa hal yang harus diperhatikan. Untuk pemilihan bibit, sebaiknya diambil dari tanaman induk yang berusia sekitar 4 bulan. Tanaman induk yang digunakan pun harus dipilih yang berasal dari bibit yang baik dan bebas dari hama penyakit. Untuk pengolahan tanah, sebaiknya dengan kedalaman 40cm yang sebelumnya diberi pupuk kandang atau pupuk kompos. Bunga anyelir dapat tumbuh dengan baik di tanah berpasir atau tanah lempung berpasir. Anda juga bisa menanamnya di dalam pot dengan kualitas tanah yang baik. Untuk pemupukan susulan dianjurkan untuk menggunakan komposisi pupuk seperti NPK, KCI dan Urea. Untuk perawatan dan pemeliharaanya juga tidak sulit. Anda bisa menyiram tanaman ini sesuai dengan ketersediaan air pada media yang anda gunakan untuk menanam, paling tidak sehari sekali agar tanaman tidak kekurangan air. Mudah sekali, bukan?

No comments:

Post a Comment